Senin, 11 April 2016

ILMU TANPA DIAMALKAN BAGAIKAN POHON YANG TAK BERBUAH

 Artikel Murni


 ILMU TANPA DIAMALKAN BAGAIKAN POHON YANG TAK BERBUAH



     Berbahagialah bagi mereka yang cinta akan ilmu. Karena ilmu merupakan lentera kehidupan yang akan selalu menyinari kehidupan kita. Apabila kita mempunyai ilmu maka kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan baik di dunia maupun  di akhirat.Karena ilmu merupakan perantara dari semua yang kita butuhkan di dunia yang bersifat materi.
    Dengan ilmu derajat kita akan naik di mata Allah SWT dan pastinnya dimata manusia. Apabila kita mempunyai ilmu maka berbagilah kepada orang lain, karena apabila ilmu itu dibagikan maka akan bermanfaat dan kita tentunnya akan mendapatkan pahala , Karena berilmu saja tidak cukup , tanpa diiringi dengan iman dan aqidah yang kuat nan kokoh.

            Pepatah mengatakan “Carilah Ilmu Sampai Kenegri Cina”. Artinya ilmu itu sangat penting walaupun jaraknya sangat jauh. Menuntut ilmu itu wajib hukumnya dan sangat urgen sekali, karena itu adalah bekal akhirat, tetapi apa salahnya jika kita belajar esensi dari ilmu duniawi sampai kenegri china.  

Dalam berilmu ada adab dalam menuntut ilmu ,Seperti :1.Niat, dalam memuntut ilmu adalah untuk mencari ridho Allah. Hendaknya diiringi dengan hati yang ikhlas. Bukan untuk menyombongkan diri ataupun pamer kepandaian,Tetapi untuk mengeluarkan kebodohan pada diri kita dan menjadikan diri kita bermanfaat. 2. Bersungguh-sungguh, Dalam menuntut ilmu kita harus bersungggug-sungguh agar kelak kita tidak menyesal, karena orang yang menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh Allah akan menunjukkan jalannya dan dimudahkan. 3. Terus-menerus. Hendaknya kita jangan mudah puas dalam menuntut ilmu, karena ilmu itu akan mengalir terus menerus sepanjang hayat. Walaupun kita sudah mendapatkan ilmu yang mencukupi untuk kita tapi hendaknya kita harus lebih memperdalam ilmu. 

Dalam pepatah mengatakan “seseoang akan tetap pandai selama dia menuntut ilmu.,Namun jika ia menganggap dirinya telah berilmu (cepat puas) maka berarti ia bodoh. Allah lebih menyukai amalan yang sediki tapi dilakukan terus menerus  dibandingkan dengan amalan yang banyak tapi ia  hanya dilakukan sehari saja.Itulah beberapa adab dalam menuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar